Cara Menjalankan Bisnis Yang Baik
Menjalankan suatu bisnis memang diperlukan sinergi antara kekuatan dan peluang sehingga kita jadi pemenang. Tapi bagaimana cara menjalankan bisnis yang baik yang dapat melipatgandakan keberhasilan anda? Temukan jawabannya dalam artikel dibawah ini :
Bisnis yang baik diawali dengan perencanaan yang baik pula. Hal ini dimulai dari perencanaan produk, pemasaran dan pengontrolan yang harus dilakukan secara efektif. Tetapi perencanaan yang dibuat tidak harus sempurna sehingga memakan waktu yang lama. Sesuatu yang lebih penting dari sebuah perencanaan adalah bagaimana perencanaan tersebut dapat diaplikasikan di lapangan.
Buat perjanjian kerjasama jangka panjang kepada pemasok dan pihak lain yang berhubungan dengan bisnis anda. Kerjasama tersebut dapat memelihara hubungan dan memudahkan koordinasi menyeluruh kepada setiap bagian yang ada di sekitar bisnis. Perkuat hubungan dengan saling memahami kepentingan kedua belah pihak, guna mewujudkan bisnis yang membawa kesuksesan bersama.
Tetaplah fokus kepada kepuasan pelanggan, jangan mengabaikan keluhannya karena akan berakibat fatal terhadap loyalitas usaha anda dihadapan para pelanggan. Analisis penyebab terjadinya keluhan dan mudahkanlah mekanisme penyampaian keluhan. Sistem penangan keluhan pelanggan yang berbelit-belit kan membuat pelanggan lari ke pesaing bisnis anda.
Adakan evaluasi dan perbaikan secara terus menerus dalam segala aspek usaha. Jangan merasa puas dengan pencapaian yang terjadi sekarang. Karena iklim bisnis akan terus bergulir dan pemenangnya adalah mereka yang selalu melakukan evaluasi dan perbaikan. Latihlah setiap lini usaha anda untuk melakukan hal yang sama, sehingga evaluasi dan perbaikan menjadi budaya pada sistem bisnis anda.
Bisnis yang baik diawali dengan perencanaan yang baik pula. Hal ini dimulai dari perencanaan produk, pemasaran dan pengontrolan yang harus dilakukan secara efektif. Tetapi perencanaan yang dibuat tidak harus sempurna sehingga memakan waktu yang lama. Sesuatu yang lebih penting dari sebuah perencanaan adalah bagaimana perencanaan tersebut dapat diaplikasikan di lapangan.
Buat perjanjian kerjasama jangka panjang kepada pemasok dan pihak lain yang berhubungan dengan bisnis anda. Kerjasama tersebut dapat memelihara hubungan dan memudahkan koordinasi menyeluruh kepada setiap bagian yang ada di sekitar bisnis. Perkuat hubungan dengan saling memahami kepentingan kedua belah pihak, guna mewujudkan bisnis yang membawa kesuksesan bersama.
Tetaplah fokus kepada kepuasan pelanggan, jangan mengabaikan keluhannya karena akan berakibat fatal terhadap loyalitas usaha anda dihadapan para pelanggan. Analisis penyebab terjadinya keluhan dan mudahkanlah mekanisme penyampaian keluhan. Sistem penangan keluhan pelanggan yang berbelit-belit kan membuat pelanggan lari ke pesaing bisnis anda.
Adakan evaluasi dan perbaikan secara terus menerus dalam segala aspek usaha. Jangan merasa puas dengan pencapaian yang terjadi sekarang. Karena iklim bisnis akan terus bergulir dan pemenangnya adalah mereka yang selalu melakukan evaluasi dan perbaikan. Latihlah setiap lini usaha anda untuk melakukan hal yang sama, sehingga evaluasi dan perbaikan menjadi budaya pada sistem bisnis anda.